Siapa Eiko Ishioka? Lima dari kostum desainer perintis paling ikonik

Dari iklan cetak dan sampul album hingga kostum untuk film, teater dan bahkan Olimpiade, warisan Eiko Ishioka terbentang beberapa dekade. Lahir dan dibesarkan di Tokyo pada tahun 1938, Ishioka mengejar karir di bidang desain grafis pada saat hanya ada sedikit wanita di industri ini.

Dia memulai karirnya di divisi periklanan perusahaan kosmetik Shiseido pada tahun 1961 dan memenangkan penghargaan periklanan paling bergengsi di Jepang empat tahun kemudian.Iklan cetak awalnya menimbulkan banyak tema yang sama yang akan menentukan rancangan kostumnya: berani, tidak nyata, dan tak terduga secara konsisten.
Ishioka bekerja di periklanan selama lebih dari 20 tahun, sampai sutradara Paul Schrader memilihnya menjadi perancang produksi untuk film 1985 Mishima: A Life in Four Chapters. Karyanya memenangkan penghargaan khusus untuk kontribusi artistik di Festival Film Cannes tahun itu.
Ishioka kemudian mendapatkan pengakuan global dengan merancang kostum peraih Academy Award untuk film Francis Ford Coppola di tahun 1992 Dracula, sebuah cover pemenang Grammy untuk album Miles Davis '1986 Tutu, dan set nominasi Tony dan kostum untuk M. Butterfly dari Broadway.Dia bekerja sama dengan sutradara Tarsem Singh di beberapa film sepanjang karirnya, termasuk Mirror Mirror 2012.

Ishioka meninggal karena kanker pankreas pada tahun 2012.Untuk merayakan karya revolusionernya tentang apa yang akan menjadi ulang tahunnya yang ke-79, Google telah menciptakan doodle khusus yang menampilkan beberapa desain terkenal Ishioka dari film Singh tahun 2006 The Fall.

Jika Anda belum pernah mendengar tentang Ishioka, berikut beberapa kostumnya yang mungkin Anda kenal:

Sadie Frost in Dracula (1992)

Jennifer Lopez in The Cell (2000)

Justine Waddell in The Fall (2006)

Isabel Lucas in Immortals (2011)

Julia Roberts in Mirror Mirror (2012)

Related Post

Comments

0 comments